:')

HAAAI
alhamdulillah we can meet lebaran again :)
i just wanna say 'forgive and forget all of my mistakes i've done peace let us start our live from zero HAHAHAHA
*mulai dari enol yaaaaa =P

so, how was your malam takbiran guys? interesting?
mine is good. really. i was playing petasan with all of my little cousin.. hihi asikkk deh.
yeah yeah besok lebaran!!
gue seneng. gue selalu seneng ketemu lebaran. *ya iyalah
everybody loves it..

even lebaran besok pasti bakalan beda sama lebaran2 sebelumnya..
karna ini lebaran pertama gue tanpa mbah kakung :')

yaa ga kerasa banget, sebentar lagi 20 oktober. 1 tahun mbah kakung meninggal.
tapi yang sangat mengingatkan sama mbah kakung itu yaaa besok. lebaran. keren yaah. inget lebaran inget mbah :) gue juga pengen nanti kalo udah meninggal di ingetin nya sama hal yang baik2. amiiin.

huhuhu
inget banget.. dulu waktu mbah lagi sakit2nya, waktu kelas 3 SMP. abis UAN lgsg bbrapa hari setelah itu terbang ke surabaya sama ibu, sama embay (embah dari ibu xD)
mbah di rawat di rs.dr sutjipto~
sedih banget ngeliat mbah lemah gitu, tapi walaupun kaya gitu mbah masih tetep bisa bercanda :D
gue juga sampai sekarang gatau detail penyakit mbah, yang pasti tiap dokter ngomong nggak pernah terdengar positiv -_- waktu itu kalo gue udah pasrah banget sih bakal ditinggal mbah, tiap nengokin ke rumah sakit, selalu takut waktu keluar ruangan nya. takut waktu 1 langkah keluar, mbah tiba2 meninggal. atau waktu izin ke mushola, saat itu juga mbah pergi. and so-on. gue cuma takut :(
tiap nyampe rumah sakit mata merah, tapi ditutup-tutupin sedihnya.. hmm.

yang paling berkesan sampe sekarang itu, waktu gue hari terakhir di surabaya, bolak balik dadah sama mbah ber-kali2. sampe pasien disebelahnya nanya ke mbah putri,
"cucu perempuan satu-satu nya ya?"
terus kata mbah putri "bukan, tapi cucu perempuan yang paling tua.."
hihi
bolak balik dadah keluar masuk ruangan nggak jadi2 pulang =P
mbah kakung itu lucu, walaupun kadang jayus, hehe, mbah juga suka ngoleksi parfum.. kata mbah putri jadi nurun ke aku :P
waktu itu aku bilang ke mbah..
"mbah, cepet sembuh ya, nanti kalo udah sembuh inaz kasih hadiah. parfum. dari luar negri"
inget banget, dulu bawa ke surabaya parfum kenzo flower. mbah kakung sukaaa banget. sampe2 sapu tangannya dia minta disemprotin parfum itu
senyum
***
bulan demi bulan pun berlalu.
mbah juga ikutan melalui berbagai macam operasi. keluar masuk rumah sakit. daaan seterusnya. but at that time, mbah still alive and survive :)

bulan puasa akhirnya dateng. gue lupa gimana sejarahnya sampe mbah kakung akhirnya ada di rumah ku yang di bekasi. ngelewatin bulan puasa sama mbah putri disitu.. pas banget hari pertama dan terakhir gue kesana sama keluarga.
nengokin embah.
ngelewatin malem takbiran dan buka puasa terakhir disana, duduk di tikar. mbah kakung ikutan gabung, udah nggak tiduran terus lagi. semuanya seneeng banget waktu itu.
oh ya sesuai janji, gue juga ngebawa parfum hadiah malem itu.
channel. orginal loooh! haha. special buat beloved grandpa yang baru mulai sembuh..

waktu ngasih, ERRRRRRR sumpah. sampe sekarang gue masih inget gerak demi geraknya.. gue ngasih, lalu mbah tiba-tiba meratiin jam tangan gue. hihi. dia langsung nanya "dior ya, naz?"
"beli dimana naz?"
"berapa?"
dan sejuta pertanyaan khas mbah lainnya. hehe
waktu itu ibu juga ngasih hadiah bajo koko buat dipake lebaran besoknya, dan langsung, mbah ngejulurin tangannya ke aku, minta dibangunin, lalu dengan gagah keluar kamar TANPA bantuan. *mbah waktu itu maksain bisa xD
mbah keluar kamar, duduk bareng kita2, sambil pake baju barunya *masih ada label merek& harga* plus di tangannya bawa-bawa parfum hadiah hihihi

aduh mbah kakung..
kangen *_*

besoknya semua seneng.
lebaran lengkap. SAMA MBAH KAKUNG yang selama ini sakit. mbah putri sampe ngomong "subhanallah ya, siapa yang sangka tahun ini kita lebaran masih sama2 mbah kakung juga"
mbah ikutan shalat ied pake kursi roda..

pulang shalat ied,
semuanya makan. nggak terkecuali mbah. karna wktu itu statusnya "mbah mulai sembuh" dia ikutan makan. semua. nggak terkecuali yang di larang dokter. brownies, coklat, kue nastar. semuanya..
hmmh :')
mbah putri sempet ngelarang. satu dua kali. tapi akhirnya tetep.. hihi. dan kita semua hari itu senang. sangat senang :D

sayangnya hari itu nggak bisa lama2, karna mesti packing buat besok, gue mesti mudik ke palembang.. it means, we must say good bye sma keluarga yang disitu..

dan masih inget banget waktu dijalan ke palembang, mbah putri nelfon ayah, ngasih tau.. kalo mbah kakung sakit lagi nangih


******

lagi. hari2 pun terus jalan..
gue masuk sekolah habis lebaran. langsung dihadapkan dengan Test Potensi Akademik. dan Yap, mbah kakung kembali masuk rumahsakit. sekarang giliran di cilegon.. Mbah dirawat di rumah sakit di kota gue.
Ibu Ayah pun otomatis sibuk sama Mbah..
tapi gue sama faris sibuk sama tes..

beberapa kali ibu negur dan maksa gue buat ke rumah sakit. dan berkali kali juga gue nolak. gue bilang mau ada tes. sibuk. belum belajar. dan alasan2 penting namun salah lainnya..
sampai akhirnya hari TPA bener2 dateng, waktu itu hari pertama nya Matematika. malem2 gue bener2 sibuk belajar. Jam 10-an selesai belajar, ibu ke kamar gue, ibu bilang "mbak, ayo ke rumah sakit.. nanti kamu nyesel loh.."
daan
okay.mana mungkin gue nolak kan :')

haha malem itu. malem paling bodoh.
gue nengok mbah kakung, tapi jiwa gue tetep ke matematika. baru sebentar ngobrol2 sama mbah, pikiran gue terusss aja. matematika. matematika. matematika. TES MATEMATIKA. gue bisikin ibu biar cepet2 pulang..
mbah waktu itu lemah. cuma ngga selemah waktu di surabaya.. jadi yaa kalian tau kan pikiran gue waktu itu, kalo di surbaya yang parah aja mbah masih bisa bertahan, apalagi disini..
AH! dan dengan santai gue ijin pulang KARNA BESOK ADA TPA MATEMATIKA. lengkap sama alesannya.
gue salim sama mbah putri, terus mbah kakung.
ngeliatin mbah kakung sebentar, terus dadah..
dadah ke mbah kakung..
dibales dadah dari mbah kakung..
balik badan..
jalan..
jalan keluar kamar..
dan NGGAK. gue NGGAK balik buat dadah lagi. gue langsung ke mobil. pulang.

terus besoknya,
malem jam 10 lagi gue ke rumah sakit. karna Mbah Kakung udah masuk ICU. udah nggak sadarkan diri.. itu pertama kali nya gue ngeliat alat2 kayak di sinetron kalo pemeran utamanya abis kecelakaan. yang ada bunyi nya "tut.. tut.. tuut.." terus ada diagram nya di layar.. gue nggak tau itu namanya apaan. tapi yang pasti menyeramkan.
karna udah malem, pengawasan di ICU udah nggak terlalu ketat. gue masuk bertiga..

mbah udah nggak sadar..
huff. iya. beneran udah nggak sadar :')
mas faris tiba2 bilang "apa yang bakal terjadi nanti, itu yang terbaik buat mbah kakung.."
gue nggak kuat denger kata2nya. bendungan dimata gue langsung pecah. gue takut banget kemarin malem itu terakhir kalinya gue dadah sama mbah kakung. cuman satu kali.
mas faris terus megangin tangan mbah..
ngedeketin mukanya, terus nyium keningnya mbah..
ayah juga ngelakuin hal yang sama.
giliran gue.
cium mbah.. gue harap waktu itu bukan yang terakhir -_-

baru sebentar,
suster udah nyuruh kita keluar..

jalan di koridor ICU, dada sesek. pingin nangis..



besok nya pun masih ada TPA.
masih inget, selesai TPA langsung ke perpustakaan daerah sama enyel dan rani, belajar biologi bareng2
baru aja masuk perpusda,
ada sms masuk.
dari Ibu..
udah ketebak isinya.
gue baca. mata langsung merah. lemes banget, bilang ke enyel..
"maaf ya aku nggak bisa belajar biologi bareng.
aku disuruh langsung pulang, Mbah kakung meninggal"

semua keluarga repot. gue dari serang ke cilegon naik angkot. semua batal belajar biologi bareng. sepanjang perjalanan enyel megang tangan gue~ iya gue waktu itu sedih banget.

sampe rumah sakit langsung lari ke kamar mayat. mbah mau di mandiin. disitu rame banget, udah ada temen2 ayah, temen2 ibu, ada om juga..
gue masih pake seragam smansa dan buku biologi ditangan. haha bodoh.
mbah kakung udah nggak ada, tiduran.. kaku banget..
mbah putri keliatan sangat tabah. dan hari itu pun akhirnya untuk pertama kali mbah mandiin jenazah suaminya sendiri
*fyi : mbah putri di surabaya lumayan aktif sama kerjaan ngurusin jenazah :)
mas faris ikutan mandiin. gue juga disitu. bantuin ngelarutin kapur barus, ngebukain kain kafan, kapas.. buat mbah kakung
-_-

akhirnya mbah kakung bener2 istirahat.. dari semua obat dan peralatan2 rumah sakit, dari jarum suntik. mbah istirahat :)

selesai di mandiin, mbah kakung dibawa ke rumah gue pake mobil jenazah, gue ikutan. gue pegangin mbah kakung. karna itu bakalan jdi yang terakhir.. hari terakhir ada mbah kakung.
sampe dirumah Alhamdulillah rumah sangat ramai. udah ada tenda di depan dan samping rumah. rame. alhamdulillah banyak yang peduli.
turun mobil jenazah tangisan gue malah pecah. berkalikali nanya ke diri sendiri, "ini kenapa semua orang kumpul.." dan jawabannya karna mbah kakung meninggal..

mbah dtidurin di ruang tamu,
dikelilingi cucu-cucu nya. anak-anaknya..
tiba-tiba mbah putri ke hadapan gue, ngasihin sesuatu..
"ini inaz.. di semprotin yah.. biar mbah kakungnya wangi." ... "wangi parfum dari inaz.."

parfum dari gue dipake lagi sama mbah :') dihari terakhirnya..


dan semuanya pun berlalu..
world still spinning, life must goes on, rite?

huehe

di hari dan minggu2 pertama mbah meninggal,
kayak masih kerasanya mbah masih ada disekitar kita semua.
tapi sekarang udah mau 1 tahun..
kerasa banget, mbah emang udah nggak ada..

apalagi besok lebaran ..
dan enggak. gue nggak akan pernah nyalahin lagi tragedi makan kue waktu lebaran adalah sebab embah meninggal.
emang udah waktunya kan, mbah kakung.. gigil


hmm hehe mbah pasti masih wangi sekarang :p
selamat lebaran ya mbah! cium
i love you.
and we all also do..
-
always!



i miss you, mbah :)

0 komentar: